Waw,10tips Cara Bisnis di Desa

Wididaw,10tips Cara Bisnis di Desa


Bisnis merupakan salah satu sumber penghasilan   terbilang cukup besar iya bukan.
Siapa siih yang tidak mau bisnis di Desa sendiri.
Ada 10 tips bisnis di desa.
1. Bisnis Online



Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang bisa menghubungkan ke seluruh dunia termasuk ke luar negeri.
Misalnya seperti kita ingin menjual produk dan hanya kita posting lewat akun Twitter, Facebook, Instragram dll.
Karena jika Anda hanya mengandalkan penjualan lokal di desa, potensi bisnis akan kecil, ini berbeda jika Anda menjangkau pasar online yang tanpa batas.
2. Usaha Tani Produk Organik

Pertanian organik membutuhkan lahan yang sesuai, konsisi lingkungan yang mendukung. Pedesaan adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan produk pertanian organik.
Jika produk pertanian modern sudah banyak pesaing, maka produk pertanian organik masih sangat jarang dan memiliki potensi bisnis yang besar.
Masyarakat dunia kini semakin mencari produk-produk pertanian organik karena lebih menyehatkan, meskipun dengan harga yang lebih mahal.
Peminat produk organik semakin besar, ini adalah peluang bisnis yang masih sangat terbuka lebar. Dan Desa sangat cocok untuk mengembangkan konsep pertanian organik .
3. Membuka POM Bensin Mini

Jika desa Anda jauh dari pom bensin milik Pertamina, Anda bisa memanfatkan peluang bisnis membuka POM bensin Mini, atau istilah populernya PERTAMINI.
4. Berdayakan Desa Wisata

Bisnis pariwisata sangat menjanjikan, Anda bisa menjadikan peluang ini sebagai salah satu sumber bisnis di pedesaan.
Anda bisa bekerjasama dengan pihak terkait, misalnya dengan pemerintahan desa, pemuda desa (karang taruna), kementrian kehutanan, kementrian pertanian atau dinas terkait.
Anda bisa menawarkan wisata alam, seperti panorama sawah, wisata air terjun atau wisata hutan lindung. Silahkan sesuaikan dengan potensi wisata yang ada di kampung
Sumber pemasukan anda bisa peroleh dari pengunjung yang datang. Bisnis ini sangat menjanjikan, dengan memanfaatkan potensi alam pedesaan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari segi bisnis.
Selain dari segi bisnis, Anda bisa memberdayakan pedesaan dan memanfaatkan lahan yang tadinya kurang produktif menjadi lebih produktif
5.  Bisnis membuka toko kelontong dengan fokus produk lokal desa

Membuka usaha toko kelontong dengan konsep toko modern. Jika biasanya toko kelontong berkonsep apa adanya, Anda bisa membuat toko kelontong semenarik mungkin.
Anda bisa mengisi produk di toko dengan produk-produk yang dihasilkan oleh petani lokal. Misalnya toko kelontong yang menyediakan beras, sayur-sayuran, bawang, cabai, tomat dan buah-buahan.
Khusus produk yang tidak di hasilkan dari lokal, Anda bisa melengkapi produk seperti mi instan, bumbu, makanan ringan seperti ciki-cikian. Anda bisa mencari distributor toko kelontong yang murah dan lengkap.
6. Usaha ternak ayam kampung, kambing atau pembesaran sapi

Pedesaan identik dengan lingkungan yang masih sejuk dan sepi. Kondisi ini sangat cocok untuk mengembangkan usaha peternakan.
Umumnya usaha peternakan yang dilakukan oleh masyarakat pedesaan masih dilingkup rumah tangga, artinya hewan ternak yang dipelihara liar di lingkungan rumah.
Anda bisa mulai membuat peternakan dengan skala yang lebih besar. Misalnya membuat kandang peternakan ayam, pembesaran kambing atau sapi.
Peternakan di pedesaan sangat sesuai. Ini dikarenakan lingkungan desa yang masih alami dan sangat cocok untuk usaha ternak.
Kualitas daging ternak yang dihasilkan akan lebih berkualitas, misalnya daging ternak lebih rendah lemak, kesehatan ternak lebih terjaga sehingga risiko kerugian akan semakin kecil, dan lain sebaginya.
7. Membuka jasa rias pengantin sekaligus mendesain konsepnya

Seiring perkembangan teknologi informasi, kini masyarakat pedesaan mulai meniru kebiasaan masyarakat kota dalam berbagai hal.
Salah satunya adalah konsep pesta pernikahan. Anda bisa masuk pada lini bisnis ini, yaitu dengan membuka jasa tata rias pengantin sekaligus paket alat dan fasilitas lainnya.
Anda bisa mencari ide di internet, mengikuti pelatihan merias. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan seperti perlengkapan pelaminan, tim fotografer dan lainnya, Anda bisa mengajak kerja sama orang lain yang memang memiliki fasilitas tersebut.
8. Melatih anak-anak muda dan membantu memasarkan Skill mereka

Jika kampung Anda memiliki sumber daya manusia, khususnya generasi muda yang belum diberdayakan maksimal, Anda bisa melatih mereka beberapa skill.
Misalnya mengajari mereka menjadi CS online, melatih menulis Artikel, melatih berjualan online dan lain sebagainya.
9. Memaksimalkan potensi perikanan yang ada

Usaha perikanana sangat cocok di kampung yang memiliki pengairan yang terjaga. Anda bisa mulai memmelihara ikan dengan membuat kolam-kolam ikan yang diariri dari sungai.
Usaha perikanan cocok di desa dekat pegunungan yang airnya selalu mengalir. Anda bisa memelihara ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti ikan guramih.
Usaha budidaya perikanan saya rasa cocok dilakukan di desa karena lahan yang masih luas, lingkungan seperti air yang masih terjaga kealamiannya.
10. Usaha Konter Pulsa

Bisnis berjualan pulsa bisa Anda lakukan di kampung. Kebutuhan pulsa elektrik kini sudah menjadi kebutuhan pokok hampir sebagian masyarakat baik di kota dan di desa.
Bisnis ini juga menjanjikan gimana apakah anda ingin mencoba nya.


Itulah 10 ide bisnis di kampung yang bisa Anda coba. Ingat, Dalam berbisnis, Anda harus ulet dan telaten, ketat dalam manajemen keuangan, memiliki produk knowlage yang baik serta strategi promosi yang kreatif.
Mulailah membangun pedesaan dengan ide-ide bisnis yang hebat. Semoga bermanfaat! Terimakasih!

0 Response to "Waw,10tips Cara Bisnis di Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel