Tutorial Cara Belajar Menyetir Mobil Manual


  1. Tutorial  Cara Belajar Mobil Manual Bagi Pemula 


 Pada umumnya orang yang belum pernah mengemudikan mobil manual,akan mengalami kesulitan saat memperaktekan cara mengemudi mobil.Bahkan kepanikan kerap datang ketika sudah berada di belakang setir. Namun berkendara di jalanan tentu membutuhkan kemampuan yang baik serta kewaspadaan yang tinggi.
Jangan sampai cara menyetir kamu yang salah pada akhirnya justru membahayakan pengguna jalan lain. pada dasarnya mengendarai semua jenis mobil prinsipnya sama, yang perlu diperhatikan adalah kewaspadaanu.
Sehebat apapun anda saat menyetir mobil jangan pernah mengendarai mobil dengan cara yang ugal-ugalan karena berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain. Kebanyakan, bagi pemula akan lebih memilih belajar mobil manual dibanding mobil matik. Nah, khusus untuk mobil manual, para pemula butuh trik khusus untuk bisa mengendarainya. Seperti panduan berikut ini beberapa cara mudah mengendarai mobil manual:

1. Kenali fitur mobil
Tips paling utama yang harus dilakukan sebelum belajar menyetir mobil manual adalah menghafal. Pastikan Anda hafal dengan elemen penting mobil seperti pedal rem, gas dan kopling.
Jangan sampai salah menginjak karena akan berakibat fatal. Tak hanya itu, tombol lampu sign, klakson dan lainnya juga perlu dihapal. Perhatikan juga letak dan bagaimana mengubah posisi perpindahan gigi mobil atau persneling.


2.Latihan di tempat yang tepat
Salah satu tips lain mengendarai mobil adalah Anda harus banyak-banyak berlatih.
Pilihlah lapangan yang cukup luas untuk belajar menyetir mobil manual.
Dengan luas lahan yang cukup maka detikers dapat berkonsentrasi penuh menghafal bagaimana cara menyetir mobil manual. Setelah detikers terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya  jalanan umum, tetapi pilih jalanan yang sepi. Cara belajar mobil manual dengan cepat ini cukup efektif membantu Sahabat membiasakan diri menyetir mobil di jalan.


3. Harus Konsentrasi
Saat belajar mengemudi mobil dengan transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika detikers mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran anda lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Jika detikers masih agak gemetaran silahkan tunggu hingga perasaan Sahabat lebih santai. Dengan begitu akan lebih mudah mengendarai mobil manual.

4. Proses Penyalaan Mesin Mobil
Proses penyalaan mesin mobil ini juga bagian sangat penting, pastikan mobil dalam keadaan netral. Jika sudah silahkan mulai memutar kunci kotak untuk melakukan starter. Ketika mesin sudah nyala kemudian pastikan Sahabat mengetahui bahwa di bawah kaki kamu sekarang ada 3 jenis pedal. Pedal yang paling kiri yaitu kopling, tengah rem, dan kanan gas. Pastikan Sahabat jangan sampai salah dalam menginjak ketiga pedal tersebut.

5. Seimbangkan antara Pedal Kopling dan Gas
Seandainya di posisi gigi 1, tapi belum jalan? Tentu karena Anda belum menginjak pedal gas nya. Tapi jangan diinjak full. Ketika gas akan ditekan, kamu harus angkat kopling kamu pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar pada mobil.
Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat. Jika sudah berjalan pelan dan hendak melakukan perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, Anda harus selalu menginjak kopling.

6. Ulangi Langkah 5 untuk Menambah atau Menurunkan Kecepatan
Untuk menambah dan menurunkan kecepatan detikers juga perlu menginjak kopling. Perlu Anda ingat, setiap perpindahan gigi baik naik ataupun menurunkan gigi, detikers harus selalu menginjak kopling dan mengingat prinsip jungkat-jungkit yang pada poin 5 telah dijelaskan agar mobil berjalan dengan baik tidak tersendat-sendat.

7. Jangan Lupa Siaga Rem Ketika Gas Sudah Stabil
Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau melaju pelan.

Nah itulah beberapa tips tutorial cara belajar mobil MANUAL semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dan teman-teman sekalian

0 Response to "Tutorial Cara Belajar Menyetir Mobil Manual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel