Informasi Pertanyaan Covid_19


Informsi Pertanyaan Tentang Covid-19 (Virus Corona)

Sejak akhir tahun lalu, mata dunia telah dialihkan perhatiannya oleh virus corona. Tiada hari tanpa memberitakan virus ini. Penyebarannya yang cepat sanggup membuat banyak negara terpaksa melakukan lockdown. Namun karena ada banyak istilah mengenai penyakit ini membuat sebagian orang merasa bingung. 
Sebenarnya, kita belum lama mengenal COVID-19. Dunia baru menyadari kehadiran COVID-19 di bulan Desember 2019. 

Sejak saat itu pula, para ilmuwan dan peneliti berusaha mengenal COVID-19 lebih jauh lagi. Mereka bahkan sudah memulai pengembangan vaksin. Semoga usaha mereka sukses dan kita bisa terbebas dari virus ini ya, 
Tapi kita juga nggak bisa memungkiri, karena COVID-19 “lahir” belum lama ini, masih banyak hal yang belum kita ketahui tentangnya, ini dia pertanyaan-pertanyaan tentang COVID-19 yang masih belum kita temukan jawaban pastinya.
1. Bagaimana Wabah Virus Corona Ini Bermula?

Virus corona baru diduga berasal dari Wuhan, Tiongkok. Virus corona dikaitkan erat dengan virus yang menginfeksi kelelawar. Tapi, ada juga dugaan yang menyebut kalau virus ini ditularkan oleh kelelawar ke spesies hewan lain, sebelum hewan misterius itu menularkannya lagi  ke manusia.
Hewan misterius yang masih belum diketahui identitasnya itu bisa saja menjadi sumber penyebaran yang lebih luas. 
Sebagai tambahan, ini semua masih berupa dugaan. Apakah virus corona benar-benar berasal dari Tiongkok? Apakah orang pertama yang terinfeksi virus corona adalah orang Tiongkok? 

2. Berapa Banyak Kasus Positif COVID-19 di Dunia Ini?
Ini pertanyaan paling dasar tapi sangat krusial. 
Saat ini sudah tercatat ratusan ribu pasien di seluruh dunia yang terjangkit COVID-19. Tapi, angka itu mungkin hanya secuil dari jumlah keseluruhan. Karena seperti yang kita tahu, ada kasus asimtomatik yang sulit didetaksi, di mana penderita COVID-19 tak menyadari kalau mereka sakit karena tak ada gejala yang dialami.

3. Apakah Orang yang Sudah Sembuh Bisa Terinfeksi COVID-19 Lagi? Berapa Lama Imunitas Seseorang Bertahan?
Pasien yang terinfeksi virus akan membangun imunitas, jika mereka berhasil melawan virus. Tapi karena virus baru ini baru kita ketahui selama beberapa bulan belakangan, kita masih kekurangan data mengenainya. Sampai saat ini, cuma spekulasi yang banyak beredar, tapi bukti tentang seberapa kuat imunitas terhadap virus corona masih terhitung sedikit.
Jawaban atas pertanyaan tentang imunitas sangatlah vital, agar kita bisa mengetahui apa yang akan terjadi pada pasien terjangkit virus dalam jangka panjang.

4. Apakah Virus Corona Akan Bermutasi?

Virus bermutasi setiap saat. Namun, sebagian besar perubahan kode genetik mereka tidak berujung pada perbedaan yang signifikan.
Pola umumnya, dalam jangka panjang virus berkembang menjadi kurang mematikan. Tapi pola itu tidak terjamin terjadi pada virus corona COVID-19.
Masalahnya terletak pada: jika virus bermutasi, sistem imun tidak akan lagi mengenalinya dan vaksin tertentu tidak akan bekerja. Kasus itu terjadi pula pada flu.


5. Mengapa Beberapa Orang Mengalami Sakit yang Lebih Parah ketimbang Penderita Lainnnya?

Sebagian besar kasus COVID-19 melibatkan gejala ringan. Namun, sekitar 20% kasus meningkat menjadi penyakit parah. Kenapa itu bisa terjadi?
Dugaannya, kondisi imunitas seseorang menjadi pangkal masalahnya. Ada juga dugaan yang menyebut faktor genetik ikut berperan. Jawaban dari pertanyaan ini bisa menggiring kita mencegah orang-orang menjadi sakit parah.


6. Sebenarnya, Seberapa Mematikan COVID-19 itu?
Hingga kita mengetahui angka pasti dari penderita COVID-19, sangat sulit untuk mengetahui angka kematian yang diakibatkan oleh virus ini. Sampai detik ini, perkiraannya berada di angka 1% dari penderita COVID-19 berakhir kehilangan nyawa. Akan tetapi, kalau kasus asimtomatik ternyata lebih besar dari perkiraan semula, angka kematian bisa menurun.

0 Response to "Informasi Pertanyaan Covid_19 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel