Cara Melamar Kerja Secara Online Berikut Langkah-langkahnya

Cara Melamar Kerja Secara Online Berikut Langkah-langkahnya

Melamar pekerjaan secara online menjadi salah satu keuntungan yang bisa kita nikmati pada era digital ini. Surat lamaran tak perlu lagi dicetak dan dikirimkan secara manual,

Agar bisa melamar kerja secara online dan mengisi aplikasi lowongan kerja, Anda membutuhkan akun email, akses internet, CV terbaru, cover letter (jika diminta), daftar riwayat hidup dan juga jadwal kosong Anda seandainya Anda melamar untuk pekerjaan paruh waktu. Terkadang, sebagai bagian dari proses lamaran kerja, Anda juga
diharuskan untuk mengerjakan tes online dan juga memberikan surat rekomendasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melamar kerja secara online yang perlu Anda ketahui.
langkah-langkah cara melamar kerja secara online.

1. Siapkan CV Anda
Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan dan mengisi lowongan kerja secara online, Anda harus menyiapkan CV terbaru Anda.

Pastikan CV Anda mengandung data diri beserta nomor yang bisa dihubungi, dan juga pengalaman bekerja Anda. Simpan CV Anda dengan nama NamaAndaCV.doc, jangan dengan nama umum seperti CV.doc. Hal ini berguna agar HRD bisa dengan mudah mengingat Anda saat sedang memeriksa kembali CV yang masuk. Siapkan juga cover letter yang bisa Anda gunakan dan ubah dengan mudah untuk setiap jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Beberapa situs mengizinkan Anda untuk mengunggah CV dari Microsoft Word di komputer Anda secara langsung. Sebagian lainnya mengharuskan Anda untuk copy paste ke dalam formulir online yang sudah disediakan oleh masing-masing situs.

2. Ketahui Apa Saja Syarat yang Diminta Pihak Perusahaan

Jangan asal mengirimkan lamaran online tanpa jelas mengetahui berbagai poin persyaratan yang diminta perusahaan. Setiap perusahaan menerapkan sejumlah persyaratan berbeda-beda di dalam lowongan pekerjaan yang ditawarkan, di mana syarat ini akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Artinya, jika Anda mengabaikan atau bahkan tidak melengkapi semua syarat tersebut, maka besar kemungkinan lamaran Anda juga tidak sesuai dan tidak akan mendapat tanggapan dari pihak perusahaan. Pastikan Anda selalu membaca secara detail berbagai persyaratan yang diminta oleh pihak perusahaan dan memenuhinya dengan baik. Sehingga lamaran Anda bisa diproses lebih lanjut.

3.Pengalaman Kerja

Jangan lupa untuk menyiapkan informasi pengalaman kerja Anda. Lowongan kerja online umumnya menginginkan data yang sama dengan lowongan kerja konvensional, yakni data diri dan alamat Anda, latar belakang pendidikan, serta pengalaman kerja. Di dalam pengalaman kerja ini, biasanya Anda juga harus menyertakan posisi jabatan, periode (awal mulai hingga akhirnya berhenti kerja), juga gaji setiap posisi (jika diperlukan).

4. Selalu Beretika dan Profesional

Surat lamaran termasuk dalam surat formal dan tidak boleh ditulis dengan acak-acakan. Anda perlu memahami dengan baik berbagai poin penting yang wajib disertakan di dalam sebuah surat lamaran, termasuk berbagai detail lainnya yang diminta pihak perusahaan.
Jangan lupa untuk selalu menggunakan subyek yang jelas dan juga isi e-mail ketika mengirimkan surat lamaran online. Hal ini penting, agar penerima e-mail segera mengetahui tujuan e-mail tersebut.
Gunakan bahasa yang formal dan tulislah surat lamaran dengan profesional, di mana Anda menjelaskan tujuan surat tersebut dengan baik. Jangan lupa untuk melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh perusahaan. Jika pihak perusahaan tidak meminta dokumen lainnya, maka Anda cukup melampirkan CV, scan ijazah serta surat keterangan kerja dari perusahaan sebelumnya (jika ada).

5. Lengkapi dengan Nomor Kontak dan Tunggu Panggilan


Selain e-mail, jangan lupa menyertakan nomor ponsel Anda, agar lebih lengkap, jangan lupa untuk mengaktifkan e-mail Anda juga di smartphone. Sehingga Anda bisa menerima dan membaca dengan segera panggilan wawancara yang dikirimkan perusahaan (jika mereka mengirimkannya lewat e-mail). Jika lamaran sudah dikirim, maka Anda harus siap sedia menerima panggilan wawancara yang bisa datang kapan saja.

6. Cari Tahu Refrensi Gaji Perusahaan

Setelah Anda menyiapkan CV dan melamar pekerjaan online, tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahui standar gaji posisi yang Anda lamar. Hal ini bertujuan agar ketika Anda menghadapi wawancara kerja dan ditanya seputar gaji yang diinginkan, Anda telah tahu kira-kira berapa rentang gaji yang layak untuk posisi tersebut. Untuk mencari tahu gaji perusahaan,

Jangan cepat menyerah jika kamu mencari lowongan kerja via online, karena
ada beberapa perusahaan yang tidak memberikan respon dengan cepat,Itulah langkah-langkah cara melamar kerja secara online. Pastikan Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

0 Response to "Cara Melamar Kerja Secara Online Berikut Langkah-langkahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel